Taipan Rusia menggugat penerbit dan reporter Reuters atas buku Putin

Taipan Rusia menggugat penerbit dan reporter Reuters atas buku Putin

Taipan Rusia Roman Abramovich menggugat penerbit HarperCollins atas sebuah buku baru-baru ini yang melaporkan bahwa dia membeli Klub Sepak Bola Chelsea Inggris atas arahan pemimpin Rusia Vladimir Putin. Pengacara Abramovich, yang berbasis di London, mengeluarkan pernyataan yang menuduh 'sejumlah klaim palsu dan memfitnah' dalam 'Putin's People,' sebuah sejarah pemerintahan Putin yang diterbitkan tahun lalu oleh Catherine Belton, sekarang menjadi koresponden Reuters yang berbasis di London.


Pernyataan, oleh firma hukum Harbottle & Lewis, mengatakan buku itu 'secara keliru menuduh bahwa klien kami telah bertindak korup, dan membuat klaim palsu tentang pembelian klien kami, dan aktivitas, Klub Sepak Bola Chelsea.' Pernyataan pengacara tidak merinci lebih lanjut tentang klaim Abramovich. Seorang mantan asisten Putin, Sergei Pugachev, mengatakan kepada Belton bahwa Putin melihat akuisisi Chelsea sebagai peluang untuk meningkatkan profil Rusia dan meningkatkan pengaruhnya.

HarperCollins mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa mereka dan Belton akan 'dengan tegas' melawan gugatan itu dan membela 'hak untuk melaporkan masalah-masalah kepentingan publik yang cukup besar.' Buku itu, kata HarperCollins, 'adalah karya yang berwibawa, penting, dan bersumber hati-hati tentang Rusia kontemporer.' Buku Belton mencatat kebangkitan Putin dan lingkaran sesama mantan anggota KGB, agen mata-mata era Soviet, setelah runtuhnya Uni Soviet.



(Kisah ini belum diedit oleh staf film Everysecondcounts dan dihasilkan secara otomatis dari umpan tersindikasi.)